Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antara Pabrik dan Garment

Sebelum memulai cerita.. ada yg tau perbedaan Pabrik sama Garment? oke lah buat para pemula yg gk tau apa" tenang saya akan terangkan oke...


Emang sih Garment itu bisa juga dikatakan Pabrik, tapi Pabrik gak bisa dikatakan Garment,, wah koq bisa gitu yah?


Bingung yah? Jadi gini, Pabrik itu memproduksi olahan atau bahan baku berupa barang/ makanan/ atau alat" tekstil, sedangkan Garment, beda lagi,,, emang sih Garment juga sama artinya yaitu Pabrik, cuman Garment itu khusus bwt produksi/ PABRIK PAKAIAN. yah contohnya: baju, celana, seragam sekolah, jaket, sweater, tanktop, blezer, jas,, ah pokoknya pakaian yg dipake sehari-hari sama kita, itu yg produksi disebut Garment, bukan Pabrik.

Cukup jelas bukan..

Tapi,, diantara kalian udah ada yg kerja di pabrik, atau pun di Garment? Jikalau diantara kalian pernah kerja disalah satu nya,, tapi saya pernah kerja di kedua nya..

Okey,, disini saya cuman mau cerita sekilas aja tentang pengalaman saya yg pernah kerja di pabrik dan digarment, biar kalian tau perbedaan diantara keduanya..

jadi gini ceritanya,...

Pertama, ngelamar kerja itu, ketika saya udah cukup umur tentunya (18 th) sekarang saya (19th). Emang bukan kemauan siapa-siapa buat nyuruh saya kerja, tapi dipikir-pikir bosen juga udah beres sekolah, terus nganggur dirumah, gk ada kerjaan, kerjanya cuman makan, twitteran, fban, maen, bobo, sama BAB... bosen gk tuh tiap hari kyk gitu??

YA IYALAHH BOSENN BANGETTT tiap hari aktivitas cuman kyk gitu" aja, kgk ada penghasilan, mau minta duit ke ortu malu juga,, tiap hari jadi kepikiran buat kerja dimana gitu...

Akhirnya temen saya ngajakin saya bwt kerja di pabrik keypad remote, yg katanya lagi buka loker (lowongan kerja) gede"an karna si Pabrik tersebut lagi banyak PO. So, gak usah lama" bwt mikir panjang, akhirnya saya ambil keputusan itu dengan segera.

Dengan bermodalkan fotocopy Ijazah plus fotocopy akte lahir, KTP, dan semua tektek bengek lainnya, akhirnya resmi diterimalah saya jadi karyawan Pabrik.. (gk kayak di pabrik" lain, yg dipersulit bgt bwt masuk kerja, sedangkan saya sangat mudah sekali, karna waktu itu pabrik keypad remote nya lagi butuhin banyak bgt karyawan, jadi nya saya gk dipersulit bwt kerja). Dan disana jabatan saya adalah seorang Operator.

Alhamdulillah kalo kerja, ngerasain juga yang namanya gajian, hehehe meskipun gajihnya gk seberapa tapi lumayanlah tiap hari kgk ada kata boke lagi, tentunya gk minta duit ke ortu lagi dong...

waktu pun terus berjalan, sembilan bulan kerja di pabrik keypad remote okey-okey aja. Alhamdulillah tiap hari masalah dipekerjaan bisa diatasi, kerja nya pun gk berat-berat, bisa dikatakan semua orang juga bisa menghandle nya..

Ditambah lagi, ada banyak faktor yg saya sangat nyaman dan survive sampe 9 bulan di pabrik keypad remote itu

Beberapa Faktor nya adalah:
  • - tempat kerja nyaman
  • - kerjaan termasuk gampang
  • - tempat kerja gak bising
  • - punya leader yg bisa ngertiin anak buahnya, plus ditambah lagi dia sering ngocol
  • - target produksi gak harus dituntut untuk selalu goal tiap hari
  • - mulai dan selesai kerja sangat tepat waktu *Gak ada yg korupsi waktu sedikit pun disana*dan gak ada yang namanya SKORSINGAN
  • - upah lembur yg lumayan banget, bisa" nambah duit jajan juga.
  • - dikasih makan tiap hari, kecuali kalo hari sabtu, karna hari sabtu kerja cuman setengah hari, jadi gk   terlalu lapar" amat..

Tapi semua faktor itu hilang,, dan saya hanya bisa survive sampe sembilan bulan, Why?? Alasan utama nya adalah PAILIT.

Yap! apa sih yg gk mungkin buat perusahaan untuk maju berada dipuncak, atau bahkan berada di bawah lalu PAILIT,, terus sampe memPHK para karyawannya (tapi saya tidak termasuk karyawan yg kena PHK, karna waktu itu kontrak saya habis, kebetulan sekali bertepatan waktunya dengan perusahaan yg sedang pailit, jadi alasan saya tak lagi kerja disitu adalah HABIS KONTRAK, bukan karna di PHK)..

Terhitung ketika saya menulis postingan ini juga, saya masih sangat merindukan PT. EGI ( yah lebih tepat namanya: PT. ELEGANT GIANT INDONESIA, nama dari pabrik keypad remote itu).

Tapi apa mau dikata, pabrik itu harus gulung tikar, dan balik ke negara asalnya di China. ;(

Okey.. lanjut ke cerita selanjutnya,,, 2 minggu berlalu semenjak saya habis kontrak kerja, alhamdulillah saya tak kesulitan mendapat kerja lagi, saya gk mau terlalu lama menganggur dirumah karna pastinya aktivitas saya akan sangat membosankan setiap harinya. Akhirnya saya mencoba melamar kerja di garment, karena hampir semua garment, tiap hari hari nya selalu buka loker.

Sebelumnya,, banyak komentar-komentar orang yg bilang, kerja di Garment itu capek nya luar biasa daripada kerja di pabrik, terus jam kerja nya juga full time bgt, ditambah orang-orang yang kerja di garment juga pada jutek-jutek.. tapi apapun itu tak melangkahkan niat saya buat kerja di Garment..

dengan mengucap bismillah, akhirnya saya resmi jadi karyawan Garment...
Disana, jabatan saya jadi seorang QC Sewing  (Quality Control) /QC Jahit 

hari pertama di tempat kerja di Garment itu adalah.... KAKI SAYA PEGELL LUAR BIASA....
ini serius loh.. karna kan di Garment itu semua kerja nya pada berdiri, kecuali yang dapet jabatan sebagai Operator jahitnya, pasti dapet duduk..  *ya iyalah masa jahit berdiri sih..*.
Saya anggap aja, itu sebuah pemanasan, mungkin si kaki belom bisa nyesuaian, lama-lama juga nanti terbiasa kagak akan pegel lagi. Tapi lama- kelamaan koq pepatah itu kurang bisa dipercaya,,, buktinya saya udah kerja 2 bulan aja masih tetep kaki rasain pegel tiap hari..

Ditambah lagi jabatan saya jadi seorang QC itu rumit banget,, harus mengecek hasil jahitan si Operator. Dengan tangan cepat, full konsentrasi, gak boleh keteteran, dan gak boleh banyak permakan yg lolos ke meja QC Endline depan, semua tugas itu harus saya penuhi..

But,, apa mau dikata,,, no body is perfect!! Bahkan saya jauh dikatakan sempurna untuk menjadi seorang QC di Garment..

Tiap hari saya harus melalui tantangan apa yg dikatakan sama banyak orang tentang Garment: dimulai dengan jam kerja yg saya harus patuhi setiap hari nya (full time, hampir 12 jam), kaki pun harus siap jadi korbannya,, karna harus/ WAJIB BERDIRI selama jam kerja berlangsung (bayangain aja betapa pegel nya tuh kaki), konsentrasi mata harus bener" (karna kalo enggak bakalan banyak permakan yg lolos ke meja QC Endline), belom lagi jadi QC Inline/ QC tengah harus berhadapan sama para Operator, yg tiap hari bikin saya pusing, dan yg terakhir,, ABSENSI harus dijaga, gak boleh ada yg bolong", apalagi di masa training 3 bulan kerja, sangat diharamkan untuk bolos seharipun... sedih deh pokoknya.. akhirnya badan pun yg jadi korbannya. Drop banget!

Selain yg disebutkan diatas juga ada beberapa faktor yg membuat saya semakin kurang nyaman kerja di garment, diantaranya:

  • jam istirahat kurang lama, (untuk yg kerja nya full time/ 12 jam harusnya istirahatnya 2 jam) lah kalo ini mah sejam pun kurang.. so, minim bgt deh kalo jam istirahat dipake bwt makan sama sholat.
  • target produksi tiap harinya WAJIB goal, kalo enggak siap" lembur sampe malem (tuh kan kalo sama lembur jam kerja jadinya 14 jam lebih deh)
  • upah lembur nya dikit bgt, gk sesuai sama kerja yg udah bisa dikatakan ngos-ngosan tiap hari
  • jalur evakuasi di tempat kerja selalu terhalang sama barang" (aduhh padahal yg kyk gitu kan penting bgt, buat antisipasi kalo tiba" aja ada musibah mendadak).
  • tidak diberi makan. (Gak kyk dipabrik, tiap hari dikasih makan nasi sama lauk pauk dan sayur mayur nya..).. so siap" yg gk bawa duit buat jajan harus puasa aja karna di garment sistem nya gk dikasih makan.
Tuh kan,, beda banget pokoknya antara kerja di pabrik sama kerja di garment itu..

Yah, kalo dipikir" mana betah kerja ditempat kyk gitu, tapi balik lagi, disini saya bukan mikirin masalah betah nya di tempat kerja, tapi masalah BUTUH lah saya masih bisa survive di Garment ini (saya gk bisa sebut nama garment nya apa)..

Saya gak munafik, saya masih butuh kerja di garment ini, seberat apapun masalah dan rintangan tetap akan saya hadapi. Karna saya tau, Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya melebihi batas kesanggupan umatnya.. *wisss,,, *

Jadi bersabarlah... meskipun kerja capek bgt dan badan selalu aja ngedrop tapi alhamdulillah saya masih bisa tangani segera, agar gak berkelanjutan.

So, inti dari postingan ini.... kalau diantara kalian ada yg baru lulus sekolah dan mau langsung cari pengalaman buat kerja, mendingan kalian pilih" dulu deh kerja dibagian apa yg paling gk merugikan diri kalian bgt. Saran saya sih, kalo kalian masih pemula, mending cari kerja nya di PABRIK dulu aja. inget PABRIK yah.. bukan GARMENT.. karna kalo kalian sebagai pemula langsung masuk kerja ke GARMENT,, aduhh siap" deh harus kuat segala" nya..

Emang sih gak semuanya di garment itu dapet minusnya doang, ada lah,, plus nya,, terutama bisa dapet temen seperjuangan juga.. (terutama buat Nida, temen seperjuangan saya selama kerja di garment, thanks sist,, udah jadi bagaian hidup dan perjuangan saya,, kita sama-sama berjuang disini)
Oh iya,, saya punya tips supaya kalian atau siapa lah misalnya yg ingin kuat kerja di Garment.. 

- pertama, jangan lupa buat SARAPAN sebelum memulai kerja, karna inilah salah satu faktor yg banyak ditemui ditempat" garment, karyawannya sering pd sakit"an atau bahkan pingsan ditempat karna males sarapan pagi. So, jangan lupa sempetin sarapan pagi sebelum kerja okey..
- kedua, mental pastinya harus dipersiapkan dari pertama kerja juga, karna nanti pasti bakalan ketemu sama orang" yg berbeda karakter, dari mulai orang yg sifatnya lembek, sampai ketemu sama orang yg punya sifatnya bringas.. jadi persiapin dari sekarang okey 
- ketiga, semoga dapet jatah bagian kerja di garment yang paling gampang, jangan kayak saya loh jadi seorang qc, tapi tiap harinya selalu jadi bahan omongan dan menimbulkan masalah,, *ups*


Okey,, sekarang udah bisa bedain antara PABRIK dan GARMENT yah dengan segala faktor yg ada kedua nya memiliki kekurangan dan kelebihan masing", tapi itu semua tergantung kalian juga yg merasakan...

okey selamat memilih, dan selamat bekerja juga.. See you next time.. by..


  • Boleh juga nih, dibaca
          - Kerja Itu Betah Atau Butuh
          - Catatan Hati Seorang QC

Eva Annisasalam
Eva Annisasalam Seorang Hamba Allah yang Mensyukuri Kekurangan dan Kelebihan

54 comments for "Antara Pabrik dan Garment"

  1. i like it knpa gak sambil kuliah neng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan saya juga kepengen bangwt kuliah, jadi nya kan cari duit dulu buat bayar uang bangku kuliah sama tiap bulan nya..

      Delete
  2. U're good. Saya baru 4hari kerja jadi QC line juga rasanya ngg enak banget. Pengen resign terus pikirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sabar yah.. saya juga udh mau 2 tahun jadi QC, benerbener sabar nya pake lahir batin

      Delete
    2. Semoga Allah slalu memberikan kesehatan kpd anda...

      Delete
  3. I like it.. jd tmbh smangat ak jd operator embrodery...

    ReplyDelete
  4. saya jadi Qc udah setahun....dan melambaikan tangan....ngga kuat.hahaha

    ReplyDelete
  5. Teh, cowok bisa gak kerja di garment kira2 di bagian apa??

    ReplyDelete
  6. Ga jauh beda sama karyawan restoran.

    Saya bartender, kalau resto rame jadi double job. Bartender+waiter T^T

    Tapi masih mending saya sih kalau di pikir2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaha kan bedanya restoran lgsung service customer yah mas..

      Lah kalo garment kan enggak, kalo customer complaen bisa" ada PHK an karyawan mas

      Delete
    2. Hahaaha kan bedanya restoran lgsung service customer yah mas..

      Lah kalo garment kan enggak, kalo customer complaen bisa" ada PHK an karyawan mas

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Haha jadi ingat waktu kerja dua minggu jadi crew event... rasanya emang pegel banget berdiri sepanjang waktu, cuma saya lebih 'beruntung' kerjanya 8 jam... istirahatnya juga kurang banget. Saya sampe suka curi-curi waktu ke toilet (soalnya toiletnya duduk sih, haha). Awalnya berkali-kali kepikiran buat resign, apalagi sempat sakit nggak kerja juga, tapi diterusin aja, toh dua minggu aja. Aku salut sama mbak yang mampu bertahan. Kalo aku sih, mungkin udah sakit-sakitan dan sudah pasti minta resign :D

    ReplyDelete
  9. Saya juga kerja di Garment daerah kota semarang, tp bagian staf kantornya,, saya bagian IT yg melindungi data2 perusahaan, emang kalo di Garment itu hrs kuat, aku sering lihat para operator jahit & tmn2 produksi yg lembur sampe mlm2 gtu, yg sabar aja.. pelan2 nanti karir pasti akan mengikuti & kmu bs meraih kesuksesan

    ReplyDelete
  10. Bener bangeeet, saya kerja digarment sebagai packing audit didaerah sukabumi, yg paling saya keluhin itu masalah jam kerja nyaaa

    ReplyDelete
  11. Maaf kalo boleh tau garment packing auditnya di Sukabumi mana yah? Makasih mas Aldi udh sempetin baca artikel saya

    ReplyDelete
  12. Di bgian qc kerjanya seperti apa?

    ReplyDelete
  13. Aduuh kok saya jadi minder mau nglamar kerja di Garment

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa muati minder mas? Yg penting kerja halal mas.

      Delete
  14. Kira" lulusan SMA kerja di garment bandung posisinya jadi apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak.. Rata2 kalo lulusan sma masuk ke qc atau bagian pembungkusan/packing.

      Delete
    2. Kalo gabisa jahit bisa gak masuk garment??

      Delete
  15. pbrik garmenya mbk di mana yach?
    aq di bawen,ungaran semarang.prnh 2 kali di pt. pabrik garmen yg brbeda n sbgai operator sewing.tp dua''ny aq slalu dpt jatah mkn siang n klo lmbur jg di ksih tmbhn mkn lg.gk tau yach klo mbk itu bagian qc,low aq bagian operator udh diurusin sm adm line soal jatah mkn.klo soal molor wktu iy sich sy akui hrz pnuhi target.di pbrik yg satuny bs smpe jam 9 mlm keata(pt.matrix indo global).tp yg satuny wlaupn keadaany slalu tpt wktu hny smpe jam 3-1/4 sore,n klo lmbur jrng bnget smpe mlm,paling jm 8 mlm(pt.inti sukses garmindo).tp klo soal knyamanan ht,melingkupi spv n tmn'' krj aq lbih suka di matrix,bagian line q dlu rasa kekeluargaany lebih dpt.

    ReplyDelete
  16. adm line yach sm jam kerjany dgn sewing.klo sewing dach kelar krjny,yacg pulang bareng''...

    ReplyDelete
  17. n setiap pabrik garmen punya aturan masing''.beda PT,beda pula aturany.ad yg mmperbolehkn bawa hp masuk saat krj.ad jg yg hrz hpny dititipkn pd satpam di tmpt penitipan saat pulang br bleh diambil.makany tuch pas ad listrik mati,otomatis kegiatan karyawan jd trhenti.saatny karyawan merayakn kebebasan.mw cpt'' plg,mlh hrz antri bejubel tuker nmr bwt ambil hp.kaya parkir motor aj yach,diksih nmr,,,hehe

    ReplyDelete
  18. ad jg mslh non teknis dlm pabrik garmen.terutama bagian produksi sewing.skil ok tp attitude tdk bguz.songong sm tmn n tdk bs diajak bekerjasama dlm line.yg sprti itu sering di out sm supervisor.pngalmn dlu pny tmn kaya gitu...meliputi operator n helper..

    ReplyDelete
  19. Saya juga kerja di garment ka,.di bagian sempel

    ReplyDelete
  20. Saya juga kerja di garment ka,.di bagian sempel

    ReplyDelete
  21. Saya digarment bagian qc after steam baru dua minggu udah drop, mending lanjut apa engga? Soalnya masalah mulu tiap hari

    ReplyDelete
  22. Kalau kerja di bagian staff keuangan di garment gimana? Apakah sama seperti qc, sewing dsbnya?

    ReplyDelete
  23. Tidak sama mas,, itu kerjanya enak, yg dipake cuman otak aja ga sama tenaga. Pulang juga tepat waktu ngikutin hrd.

    ReplyDelete
  24. Aduh aku pt tekstil sif2 an, pngn krj di garmen yg engga ada sifht tp kok gitu bgt ya perjuangan nya klo krj di garmen 😭

    ReplyDelete
  25. Saya jd helper 3 bulan doang soalnya gak betah sama bentakan2 dan jam yg sering molor sampai badan rasanya nano2

    ReplyDelete
  26. Memang rata2 garment cara kerjanya seprtti itu mbak. Banyak bentakan dan tekanan dri atasan. Yg oenting gimana kitanya aja, dibawa hati atau tidak.

    ReplyDelete
  27. capek bgt mba kerja di garmen wkwk suaranya itu loh ya capek badan ya capek kuping tiap hari kog marah2 wkwk operator juga kadang kerjanya stgh2, intinya mah kudu kompak satu line

    ReplyDelete
  28. Aku jg kerja di garment, dan bagian opt sewing, istirahat pun ga ada 30 menit, makan keburu2 ngejar waktu sholat pula.. bahkan sempet ga sholat Ashar karna harus pulang sampai jam 6 mau ditinngal mesin jaitnya ga ada yg gantiin.. aku pingin keluar, tpi lg covid gini nyari loker susah juga..
    Buat kalian yg kerja di Garment semangat yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang istirahat rata rata ga full sejam, bagi op yagn keteter targetnya mungin bisa masuk lebih awal jam istirahatnya. kalo waktu sholat kadang juga sering digantiin sama spv atau asisten yg ada di line. tapi semangat yah buat kamu.

      Delete
  29. Pengen kerja digarment tapi radak takut ngerti review orang2 😭 gimana dong sarannya
    Enak di pabrik sepatu apa garmen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo kerja mah bukan tergantung orang mbak, tapi tergantung diri sendiri enaknya mau dimana, cuman saran saya sih menidng di pabrik sepatu aja. di pabrik sepatu tidak ada skorsing, seperti di garment

      Delete
  30. Qc biasanya lembur sampe jamberapa mba??

    ReplyDelete
  31. Ini saya ada loker dibagian sewing, didalam loker itu gk disebutin harus punya pengalaman, intinya dokumen" yang dibawa lengkap. Nah apakah nanti bakal di test pengalaman jahitnya atau diajari bener" dari 0 kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masuk lamaran untuk bagian menjahit pasti di test dulu, karena meskipun udah punya paklaring atau pengalaman dibidang yang sama tetep aja si supervisor bagian jahit/sewing minta opeator yg ga lelet untuk lagsung ditarget. jadi mau ga mau pas proses lamaran bakalan ditest

      Delete

Tolong, kasih komentar yang baik, dan sopan. Thank's before :)