Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciyyus,, di Balik dari Kata Alay..

Okkey Sobat Bloger sekarang aku mau curhat nih tentang kata-kata Alay yang sekarang lagi ngetrend-ngetrend nya di kalangan muda. emang sih ada sebagian orang bahkan banyak banget yag ga suka kata-kata alay, karena terlalu kontras, dan tidak ada tata sopan santunnya. Tapi, ada juga yang sebagian yang belum tau arti dari kata-kata alay, so, aku akan bahas di postingan ini tentang, Di Balik dari kata-kata Alay..




Okkey dimulai dari kata Kepo, kepo adalah akronim dari Knowing every Particular Object adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tsb hati hati jika berhadapan dengan orang kepo, hal yang anda sembunyikan tak lama kemudian akan muncul ke permukaan (rahasia yang bocor)

Dan, ciri ciri orang kepo :*.serba ingin tahu*. kadang sok tahu*. mempunyai mata yang sangat amat jeli dan tajam*. cikal bakal geek (evolusi sebelum orang itu jadi geek)* .Kepo banget sih lho!* . mo tau aja.

Okkey selanjutnya ada kata-kata Alay, dan Lebay, buat orang awam pasti gak tau artinya dan bikin pusing tujuh keliling.. 
- Di Kata Pertama ada kata "Ciyus Miapah" kata yang paling booming saat ini, kata ini mengandung arti: Serius Demi Apa??? tapi aku baru tau kata ini waktu buka SMS dari temen eh udah gitu muncul kata Ciyus Miapah, jika dipahami, maka kata itu seperti kata omongan anak balita yang masih kurang lancar berbicara (atau cadel bahasa sunda nya), tapi yang lebih jelas arti dari kata itu pertama kali dari temen.

- dan yang ini ada kata Kicep: artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin. “Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika”

- Selanajutnya Kongkow: artinya nongkrong getoch…dipake ya ama anak-anak gaul lah….di daerah jalan-jalan gelap tanpa penerangan sedikitpun yuuukkk….yuk qta kongkow-kongkow.

- terus ada kata LDR: Long Distance Relationship / Pacaran Jarak Jauh. Lebay perkembangan dari kata lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan. “Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun”" Iiih, lebay loe!”

- Nah yang ini mungkin kata singkatan dari bahasa ingris LOLLOL (juga ditulis lol) adalah akronim dalam bahasa Inggris, biasanya untuk “laugh out loud” (tertawa terbahak-bahak) atau, “lots of luck” (semoga banyak beruntung) atau “lots of love” (banyak cinta).

Nah, istilah LOL berasal dari Usenet dan menjadi elemen umum bahasa gaul Internet. LOL juga digunakan dalam bentuk komunikasi melalui komputer, seperti instant messaging, dan bahkan sudah menyebar kekomunikasi antar seseorang. Istilah ini juga digunakan dalam bahasa-bahasa selain Bahasa Inggris.
Sis A: Aduh sis, kemarin saya salah masuk ke kamar ganti cowo.
Sis B: LOL…Maaciw Artinya terima kasih atau makasih, tapi di ucapkan dgn nada suara yg genit dan di plesetkan.

Nah buat kata selanjutnya, mungkin yang ini ada sebagian sobat blogger yang belum pada tau mungki, aku ulad dibawah ini..

Mager: Singkatan dari kata males gerak. “Laper tapi mager.”

Malay: kata lain/variasi dr kata Malas Malay nih ke kampus hari ini, dosennya reseh-reseh!

Menel: Menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

Meper: Adalah mengelapkan tangan yang kotor atay terkena sesautu secara diam2, bisa ke tembok, baju orang lain dll.

Narsis: Bukan istilah baru sih. Tapi mungkin banyakyang belum tahu, narsis juga punya legenda lho. Berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

Oretz: Artinya oke, berasal dari bahasa Inggrs, “all right” yang diplesetin penulis maupun pengucapannya.

Palbis: Singkatan dari kata-kata “PALING BISA.” Cobaan terberat itu saat ngeliat tweet kamu sama dia..” “Yelah, palbis lo, hahaha!”

Pecah: Istilah ini biasanya digunakan buat mengomentari hal-hal yang keren, gokil, heboh. “Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem!”

Pertamax: Istilah pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut. Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar pertama pada sebuah tulisan. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum internet.
A: Pertamax, Gan!
B: Kacrut loe, udah dibilangin basi tetep aja komen gak penting. Peres artinya palsu, bohong, nggak tulus.

PHP: merupakan sebuah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu atau dapat diartikan sebagai omong kosong. dasar lo cewe php !!! huft.. sebel!

Prikitiew: Jangan ditanya deh. Istilah ini sering kita dengar lewat lawakan si Sule. Penggunaannya hampir mirip dengan “cieee” atau “ihiiy”.

Pundung: Berasal dari bahasa Sunda, artinya tersinggung, ngambek dan kesel.

Rempong: Berarti ribet, repot atau rese. “Ngapain sih lo telepon gue tengah malah gini? Rempong deh!”

Saiko: Gila, maniak. Asal kata dari “psycho”. Gila, tante kos gw emang saiko!

Sekem: Indonesianisasi dari kata ‘scam’. Artinya kena tipu. Aduh, kena sekem lagi sama tukang hape.

Selon: Bisa diartikan santai, slow, pelan-pelan.

Sokil: Gob Merupakan plesetan dari kata “Gokil, sob!” Artinya sama aja kayak gokil, yaitu gila tapi dalama artian positif. Biasanya dipake buat menggambarkan sesuatu yang heboh, lucu atau unik. Sedangkan sob adalah kebalikan dari kata bos, yang biasa digunakan sebagai pangggilan akrab untuk seseorang.

Spupet: Plesetan dari kata sepupu.

Ucul: berasal dari kata lucu, cuma dibolak-balik.

Unyu lucu:  menggemaskan, biasanya diikuti dengan emoticon :3Uhhh, unyu banget sih kamu..

Woles: berasal dari bahasa inggris SLOW, dibalikin jadi WOLS dibaca WOLES. artinya nyantai aja, jangan buru-burux: lu udah ngerjain tugas geology: woles aja sih, masih lama bro.

Yalsi: Ucapkan kata yalsi berulang-ulang, kata baru apa yang kita dengar? Yalsi: merupakan plesetan dari kata sial. “Omongan nggak nyambung gara-gara BBM pending, yalsi!”

Okkey deh segitu dulu aja postingan ku kali ini, tapi yang jelas kata kata ini buat seru-seruan aja  sama temen, dan bukan untuk atasa seperti (kakak kelas, guru, ortu, atau dll) karna nantinya diangap gak sopan,, okey  see u next time on my posting,, 

Eva Annisasalam
Eva Annisasalam Seorang Hamba Allah yang Mensyukuri Kekurangan dan Kelebihan

2 comments for "Ciyyus,, di Balik dari Kata Alay.."

  1. bagus artikelnya, dapat menambah pemahaman terhadap bahasa anak muda sekarang.
    sy adalah salah satu orang yg tdk suka bahasa/kata kata alay,
    walaupun tdk suka yg penting tau artinya.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sebelumnya udah mau baca postinganku.
      Saya juga sebenarnya gak suka bahasa Alay, terlebih ketikannya bikin pusing yang baca. Tapi minimal lah kita harus tau artinya, biar gak disebut kuper bener gak??

      Delete

Tolong, kasih komentar yang baik, dan sopan. Thank's before :)