Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catatan Hati Seorang QC


Kali ini saya mau sedikit mencurahkan segala isi hati saya plus unek" tentang kerjaan saya, mungkin lah sekalian sharing sama kalian juga.  yang mau baca sampe beres, boleh koq silahkan.

Okey, saya mulai yah..

                                     "CATATAN HATI SEORANG QC" 

Sebelumnya ada yang tau kepanjangan QC?? Yap! QC adalah Quality Control (Pengontrol Kualitas), mungkin sebagian yang baca blog saya udah pada tau juga.

Di postingan ini mungkin saya akan mewakili catatan/curahan hati sekian ratus ribu karyawan yang menjabat sebagai QC, entah itu QC pabrik, tekstil, garment, dsb.

Okey pasti kalian setuju banget sama pepatah " KUALITAS ADALAH NYAWA SEBUAH PERUSAHAAN. yap! itu 100% benar adanya, tanpa kualitas Perusahaan itu akan hancur, bobrok, dan bangkrut pastinya, maka dari itu demi sebuah kualitas masing-masing perusahaan pasti memiliki puluhan bahkan ratusan orang Quality alias QC dibeberapa proses bagian. Termasuk saya yang sudah beberapa bulan kebelakang menjabat sebagai QC di perusahaan tekstil garment exporter.

Banyak yang bilang, bahkan temen-temen di pabrik ngomong ke ke saya, " kerjaan kamu enak Va, cuman nge chek doang, gak usah mikirin permakan/deffect banyak, kalaupun keteter kamu pasti ada yang bantuin".

Hahahaha.. saya sering banget ketawa kalo denger kayak beginian. Bukan, bukan masalah lucu kata-katanya, yah aneh banget gitu loh ngomongnya segitu renyah nya bilang kerjaan saya enak.

Yang jalanin siapa, yang nilai siapa? Aneh kan, makanya saya ketawa...

Yang pasti ngomong itu gak semudah ngejalaninya, buktinya siapa bilang jadi seorang Quality itu enak? Kalopun dibilang enak, yah itu cuman paksaan semata, karna saya butuh? saya serius, gak munafik koq, setiap orang kan butuh kerja biar bisa dapet duit,bener gak?

Mungkin bagi saya lumayan enak dan lumayan gak enak juga. Terlebih  pada tau kan KUALITAS BERADA PADA KEJELIAN SEORANG QUALITY.

Disitulah, tanggung jawab saya gede banget, bahkan bisa sampe 100%. masih bisa kah dibilang enak?? saya rasa enggak.

Terlebih beban dan tanggung jawab saya dua kali lipat lebih besar. Saya bukan hanya seorang QC aja, tapi saya juga seorang QC Target. Yah.. begitulah pegang dua kerjaan sekaligus, cheking garment yang udah jadi sama targetan data output tiap pcs nya.

Jangan ditanya, betapa pusingnya saya menjalani ini tiap hari, serasa beban semua kerjaan orang lain pun saya yang nanggung.

Ketajaman mata yang pasti nomer wahid.. kecepatan tangan juga harus bener-bener ngebut, dan terakhir keakuratan. Iya akurat dalam mendata target output, dan buat laporan harian juga. Kalo salah satu ada yang kurang, pasti semua kacau, ujung"nya saya yang harus siap dapet omelan.

Kalo masalah cheking mencheking lumayanlah gak terlalu sulit buat saya. Tapi kalo masalah target/ mendata output pcs by pcs itu yang masih sulit buat saya.

Gimana enggak sulit, tiap hari saya sering menjadi bahan kecurigaan admin target, karna targetan saya selalu gak balance sama targetan operator. Mungkin dalam hal penargetan kejujuran harus dipake. Oh jelas, saya tiap hari mendata target dengan jujur, real, dan apa adanya. Tapi kalo operator? Ah saya gak tau deh, ada yang sering jujur ngutang target ke saya, ada juga yang sering pura-pura ngerasa gak punya hutang target. Idk lah, saya bener" bingung kalo masalah ini, ujung" nya juga adu cekcok mulut sering banget kejadian.

Okey, balik lagi ke masalah kualitas. Terlepas dari masalah dataan target, kualitas juga sering banget jadi masalah tiap harinya. Tiap hari saya chek ada aja yang masalah, bahkan bisa-bisa di satu pcs baju aja ada 5 masalah, entah itu masalah jahitan, masalah bentuk jelek, masalah warna shading (beda warna), atau bahkan operatornya sendiri yang masalah alias gak bisa ngejait.. halaaaahh.. kalo udah kyk gini serasa masalah segede gunung nimpuk dipundak saya.

Bingung iya, apalagi kalo sampe kedatangan vendor diwaktu yang gak tepat alias diwaktu banyak banget masalah, bisa-bisa saya lagi yang kena kambing hitam nya. Dibilangnya QC nya gak punya mata lah, QC nya gak bisa handle lah, QC nya bego lah.. ah pokoknya semua salah QC.

kalo saya sih udah biasa banget dibilang kyk gitu juga, abis mau gimana lagi kan.. NO BODY IS PERFECT! coba mikir, semua masalah harus bisa dihandle sama seorang quality aja Ih helllooowww QC juga manusia biasa kali, gk bisa sesempurna itu, meskipun dalam hal pekerjaan.

Selanjutanya, dalam masalah permakan/deffect.. saya gak bisa ngomong lagi, tiap hari juga bahkan tiap jam barang/ garment yang saya udah anggap ok, masih ada aja deffect yang lolos ke are finishing, entah itu kelolosan masalah jahitan jelek, noda nempel, atau bahkan reject/garment rusak. Pokoknya balik lagi ke NO BODY IS PERFECT, gak semuanya bisa 100% hasil chekingan saya bener-bener ok, karna saya juga manusia biasa yang selalu punya salah dan kekurangan.

Next, kalo masalah saya keteter, jangan ditanya deh, saya udah langganan banget keteteran. Mungkin kalo enggak ada yang bantuin cheking tiap saya keteter, udah tentu banget saya jadi kalap total. Target saya adalah harus mengechek 180 pcs/jam baju garment yang udah jadi. Tentunya bagian jahitan nomer satu yang saya harus saya chek, kemudian bagian warna, bentuk, dan ukuran. Per satu jam nya saya harus dapet 180 pcs baju/ garment jadi.

Waduhhh kebayang dong tangan saya harus ngebutnya kayak gimana, mata saya juga sibuk banget lirik jahitan sana sini, bentuk sana sini juga,, jadi keleyengan gak jelas deh mata saya.

alhasil kalo kayak gini jalan pintas lah yang jadi pilihan. Jalan pintas dengan cara point" penting dalam hal mengechek saya abaikan dulu, yang pasti saya udah tempel stiker QC Oke, jadi seolah-olah itu udah saya cheking oke. Emang agak melenceng sih, tapi yah mau gimana lagi.. udah jadi tabiat koq, daripada udah keteter, deffectnya banyak, gak ke handle semua, ujung"nya masih sama keteteran dan deffect pun mengalir deras lolos ke area finishing, iya kan??

Kalo masalah operator, udah biasa juga sih, semua sifat operator saya hafal, ada yang lembek, pendiem, pemarah, dan ada juga yang sering banget ngedumel dibelakang saya. Udah jadi makanan sehari-hari juga, tiap saya balikin permakan ke mereka, pasti deh ujung"nya melotot ke arah saya sambil ngedumel, dibilangnya QC cari-cari kesalahan orang mulu. Seperti biasa, saya mah udah biasa sama omongan yang kayak begituan, saya mah bodo amat lah, orang mereka nya yang bikin masalah, suruh siapa bikin permakan melulu, kenapa saya yang harus salah dan takut, bener gak?
Bahkan ada yang sampe bilang gini: Musuh Para Operator Adalah Para QC, karna QC sering banget cari" kesalahan Operator. ya ampuuunn pusing banget saya dengernya juga.

Emang sih waktu awal-awal juga saya ngerasa risih dan sakit hati juga, tapi lama kelamaaan sih udah biasa. Karna gak bisa dihindari juga, pastilah bakalan jadi makanan setiap hari saya.

Nah, buat masalah ekspor, setiap minggu di perusahaan garment tempat saya bekerja ,ekspor berangkat tiap seminggu sekali dengan kuantitas 150 K baju, tanktop, atau celana.. ya ampun kebayang gak segitu banyaknya,, itu pun gak setiap ekspor pre-final lancar, ada aja masalah sampe-sampe gak bisa final dan rilis, yang mengakibatkan bongkar sampe puluhan karton. Masalahnya sepele cuman benang yang masih pd nempel, sama salah pasang price ticket. Ujung-ujungnya siapa yang kena batu nya, UDAH PASTI ORANG QC YANG KENA. Kalo udah gini ekspor final gagal total, bad quality, qc kena marah, yang akhirnya bongkar sampe puluhan karton kudu beres, dan ujung-ujungnya pulang tengah malem gara-gara ngerjain bongkaran karna mau ekspor.

Tapi yang pasti kalo udah tau kayak gini mah, saya gak bakalan lagi nyepelein yang namanya baju, celana, tanktop, blezzer, dsb lah yah, loh emang kenapa? karna bisa tau sendiri kan yah, didalam masa pembuatannya juga udah menguras emosi, keringat, air mata, bahkan hampir pertumpahan darah loh, makanya jangan sekali-kali deh nyepelein barang-barang atau pakaian kita sehari", nanti kita juga yang bakalan ngerasain gimana cara pembuatannya, sampe" jadi bahan beban pikiran tiap hari, hehehhe..,.

Okey terakhir dari saya, mungkin jadi seorang Quality Control itu emang sulit, tapi lama-lama juga pasti terbiasa koq. Dan semenjak saya menjadi seorang QC saya bener dapet banget ilmu banyak disitu, contohnya: bagaiamana cara mengechek kualitas original, bagaimana cara membuat laporan, bagaiamana cara mendata target output dengan benar, terus bagaiamana cara mengukur spesifikasi sesuai data permintaan dari vendor/buyer. Bukan cuman itu aja, kesabaran dan kekuatan mental saya setiap hari selalu diuji disini. Makanya saya mah kalo dipikir-pikir udah kenyang banget tiap hari makan yang namanya sabar, hehehee...

Btw, mungkin dalam hal kerjaan saya menjadi seorang Quality, saya gak mungkin bisa berdiri sendirian tanpa adanya bantuan seorang partner kerja yang saling mendukung dan membantu. Terlebih dicatatan hati ini saya mau berterimakasih banyak sama seorang partner kerja sekaligus yang udah saya anggap kakak perempuan saya, Teh Desy Novita. Iya dia lah yang selalu membantu saya dalam segala hal, termasuk juga melindungi saya ketika saya kena amukan para operator, Teh Desy lah yang sellau membela saya. (makasih teteh,, pokoknya Eva hutang budi banget lah).

Mmmm.. mungkin ada yang merasa senasib dengan saya?? Saya sih cuman bisa sharing aja, sekaligus lah mewakili perasaan beban para ratusan ribu karyawan Quality Control.

Makasih sebelumnya yang udah baca Catatan Hati saya ini sampe beres, saya mah cuman sekedar sharing aja, kalian suka atau enggak suka, terserah kalian, kalian yang baca, dan kalian yang nilai juga, iya kan?? Yang pasti mungkin dengana adanya Catatan/ Curahan Hati Seorang QC ini bisa jadi tau buat kalian yang awam, atau yang belum pernah tau jadi QC itu kayak gimana.

Thanks, see you next time at my Posting.


  • Boleh juga nih dibaca:
          - Kerja Itu Betah Atau Butuh?
          - Antara Pabrik dan Garment



Eva Annisasalam
Eva Annisasalam Seorang Hamba Allah yang Mensyukuri Kekurangan dan Kelebihan

51 comments for "Catatan Hati Seorang QC"

  1. Satu pabrik bisa punya brapa QC mbak?

    ReplyDelete
  2. Boleh minta kontaknya gak mba? Aku ada tugas sekolah untuk wawancara bagian qc dan datelinenya bentar lagi :( respon ya mba

    ReplyDelete
  3. Sama teh.. saya juga qc di pabrik pangan.. kalo gak teliti 99% atau pencatatan kurang bisa bener bener jadi kambing hitam.. di bawah jadi musuh diatas jadi kambing hitam.. teliti.. berpikir keras.. dan yang paling penting siap mental kalo sewaktu waktu jadi sasaran amuk masa hehe

    ReplyDelete
  4. Iya sama".. Lagian saya menulis ini buat jadi perwakilan aja diantara temen temen saya

    ReplyDelete
  5. Kalo jadi kepala QC itu enak gg sih mba eva?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepala QC atau lebih dikenal dengan Chief/Supervisor QC lebih gak enaknya. dalam artian gak enak tuh seperti lebih besar dan harus lebih disipilin terhadap pekerjaan terutama kualitas. jikalau ada bawahan (karyawan QC) yang belum trlalu paham dengan kualitas, pastilah si atasaannya itu yang jadi amukan massa sama manager pabriknya.

      Delete
  6. akuu jugaa udah kenyaang sma yg namanya sabar ,jadi.qc itu egk.semudah yg orang pikir😳

    ReplyDelete
  7. Kadang emang orang memandang pekerjaan sebelah mata gk ngerti cara ngejalaninya gmn pusing nya... Sampai pulang krj pun kepikiran kebawa ngipi.. Duhh nasib jadi QC di pandang remeh.. 😭 makasih udah posting. Mewakili uneg" saya juga

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Dinikmati, dijalani aja kerja mah yg penting udh usaha dan kerja keras aja hhe

    ReplyDelete
  10. kak q mau nglamar qc nih
    kira2 tes nya susah gak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari pihak perusahaannya. biasanya garment yang bonafid menuntut untuk test qc itu ribet dan susah. ada 2 tahapan test. yang pertama test tertulis menganai meteran dan jenis -jenis permakan. yang kedua test visual atau test mengechek searah jarum jam. setauku sih begitu

      Delete
  11. Ya asal tau dasar2 qc aja sih... Kalo udh gitu pasti masuk

    ReplyDelete
  12. Wah sangat mewakili nih ceritanya, emang jadi qc tak se enak omongan.

    ReplyDelete
  13. Wah sangat mewakili nih ceritanya, emang jadi qc tak se enak omongan.

    ReplyDelete
  14. Huhuu aku baru lulus SMA tahun ini langsung masuk garment dan jadi QC finishing, yaampun keteteran luar biasa apalagi kalau mau lay out kayak sekarang ini☹, rasanya persis bgt sama yang mba ceritain. Btw ini juga pengalaman kerja pertama ku

    ReplyDelete
  15. Sama ya allah banyak sakit hatinya jadi qc😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar yah... semoga dikuatkan. dan tetap semangat...

      Delete
  16. Kak saya di terima di pabrik garmen bagian QC, gak tau juga kenapa di tempatin bagian QC padahal temen saya yang 17 Orang itu di bagian produksi, langsung ketemu sama atasan langsung itu kenapa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih, kalo seperti itu kan suka ditest dulu yah pas pertama masuk. mungkin kamu termasuk dalam kriteria untuk Operator Quality, atau mungkin bisa jadi karena kebutuhan Produksi dan dari Management nya main comot aja. setau ku sih begitu

      Delete
  17. heloo aku qc dibagian pangan nih, sering merasakan hal seperti itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo juga. Salam kenal. Terimakasih sudah membaca blog

      Delete
  18. Hallo ka salam kenal. Terimakasih banget karna sudah shering pengalaman pekerjaan kk dibidang Qc, sangat membantu saya sekali apalagi saya yang baru pertama kali kerja dan belum mengenal lebih jauh seperti apa kerja dipabrik. Saya mau tanya ka, pekerjaan dipabrik yang kerjanya lumayan ringan yang cocok untuk yang baru lulusan SMA dibidang apa ya ka? Mohon direspon ya ka,karna saya masih awam banget terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masalah pekerjaan apa yang cocok untuk yng baru lulus mungkin semuanya sama yah, pasti mengalami kendala ga mungkin langsung cocok, kecuali kalo memang sudah memiliki skill dari awal, misalnya skill menjahit untuk operator menjahit ataupun skill mengetik ms. office untuk penempatan menjadi admin

      Delete
  19. Aku juga ngalamin kaya gitu ka dimana aku sering banget debat sama operatornya karena masalah jahitan.
    Terus juga kalo sebagai qc, kita selalu dikejar waktu. Kalo targetan per jamnya ga tercapai pasti qc yang kena batunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua quality pasti seperti itu yah, yang terpenting kitanya harus kuat karena menjadi seorang qc butuh tenaga kuat, serta tenaga mental juga.

      Delete
  20. Replies
    1. QC buyer ada, tapi ga tiap 1 buyer 1 QC, tergantung PT nya aja. terkadang ada 3 buyer dipegang 1 qc buyer.

      Delete
    2. Qc buyer mngkn bs disebut QA in house. Bs dibilang tangan kanan QC buyer.. Krn Qc buyer ga setiap hari ada di pabrik (QC buyer terkadang handel 3 pabrik). Jd QA in house yg in line di sewing, finishing & packing..

      Delete
  21. Wah salut & ikut solider mba.
    Ternyata kisahnya hampir sama dg saya. Dimana mana kita /QC jadi semacam Public Enemy utk orang Produksi.
    Aku pun juga punya kisah yg semacam itu. Bahkan sampai pernah diteror.di luar. Tapi ya Alhamdulillah semua ada jalan keluarnya.
    Tetap semangat mba. Dg produksi QC harus saling kerjasama dan sama sama kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga untuk mbaknya. makasih sudah meluangkan waktu membaca blog saya yah

      Delete
  22. Kalo jadi qc brapa orang kak timnya? Atau individu? Terus sering lembur ga? Sampe jamberapa kalo pabrik garmen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo QC itu individu yah masuknya. apalagi kalo QC di Line alias qc sewing, itu ditarget perorang juga. di target secara kualitas maupun secara kuantitas.

      Delete
    2. kalo lembur itu tergantung situasi dan kondisi, kadang bisa sampe larut malam karena ada kendala ekspor dan gagal kualitas jadi harus di cheking ulang

      Delete
  23. sumpah demi apapun QC pekerjaan paing gak enak , apalagi saya di bidang wiring harness ,(kelistrika pada mobil) , ngeceknya berat standar kerja nya banyak , deffectnya banyak , kadang selalu ingin nabok mulut operator mesi yg selalu bilang kerjaan kami enak , bener bener kbawa sampai di rumah tu pikiran ,kerja capek+ mikir , resikonya kao nglolosin rang deffect bahaya bgt ke nyawa orang , tapi Alhamdulillah udah jalan 7 bulan Alhamdulillah nya lagi kontrak cuma setahun ,dan ini mungkin akan jadi yg pertama dan trakir kerja di pabrik ,, pokoknya gak enak jd qc .... no debatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. mashaallah semangat ya mas, mudah2an menjadi ladang ibadah. apapun jenis pekerjaannya itu pasti ada resiko dan plus minusnya. tapi menurutku QC sih yang paling berat

      Delete
  24. Thanks banget buat curahan hati ini, aku jga QC finishing di garment

    ReplyDelete
  25. Mbak makasih udah sharing pengalamannya. Kalau boleh tau kalau pernah jadi operator QC bisa gak ya lanjut jadi admin QC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu bisa ka, karena masih satu bagian/department

      Delete

Tolong, kasih komentar yang baik, dan sopan. Thank's before :)